Selasa, 31 Mei 2011

Flasdisk Sidik Jari, Otentifikasi Untuk Keamanan Data








Pengembangan teknologi biometrik ini dilatari bahwa pada dasarnya setiap manusia memiliki sesuatu yang unik/khas. Keunikan tersebut tentu hanya dimiliki oleh dirinya sendiri. Untuk mewujudkan gagasan itu, tentu harus didukung oleh teknologi yang secara otomatis bisa mengidentifikasi/mengenali seseorang dengan memanfaatkan teknologi semikonduktor. Bagian-bagian dari tubuh manusia yang bersifat unik/spesifik dan juga akurat ada banyak jumlahnya, di antaranya adalah sidik jari, struktur wajah, iris, dan retina mata
Teknologi biometrik dikembangkan karena  dapat memenuhi dua fungsi yaitu identifikasi dan  verifikasi,disamping itu biometrik memiliki karakteristik seperti, tidak dapat hilang, tidak dapat lupa dan tidak mudah dipalsukan karena  keberadaanya melekat pada manusia, dimana satu dengan yang lain tidak akan sama, maka keunikannya akan lebih terjamin.
            Salah satu teknologi biometric yang kini hadir adalah flasdisk sidik jari. Flasdisk seperti yang sudah kita ketahui merupakan perangkat yang berfungsi sebagai storage media (media penyimpanan) data atau file. Flasdisk sidik jari ini merupakan pengembangan dari flasdisk yang biasa kita ketahui, dimana pada flasdisk ini di terapkan teknologi biometrik sidik jari untuk identifikasi pada flasdisk tersebut.
Flasdisk ini mengantisipasi masalah kehilangan flasdisk atau flasdisk yang di curi di mana terdapat data yang sangat penting yang di simpan pemiliknya, jika data penting ini di ketahui orang lain, coba bayangkan ? hampir setiap hari terjadi kasus ini. Kehilangan USB Flash Drive yang berisikan penuh file pribadi, informasi pribadi dan dokumen rahasia. Ini adalah kejadian sehari-hari di luar sana dan bisa karena Flasdisk Anda dicuri, Hilang atau tertinggal masih tertancap di perangkat komputer.

         Inovasi Falsdisk didedikasikan Biometric Flash Drives dengan Sidik Jari difungsikan untuk perlindungan informasi secara mutlak sangat cocok untuk mahasiswa atau kalangan umum pengguna flasdisk yang membutuhkan keamanan data.

       Langkah pertama kali Anda menyambungkan perangkat Flasdisk Anda, secara auto run sebuah form muncul meminta pengguna untuk mendaftar jari. Pengguna cukup memilih jari. Dalam registrasi cukup menempatkan sidik jari ke sensor yang sudah ada dalam perangkat Flashdisk. Sistem aplikasi akan menyimpan setiap template/gambar yang ditangkap dan menggabungkan mereka untuk menciptakan gambaran keseluruhan sidik jari. Pada umumnya Flashdisk Sidik Jari dapat menampung Sidik Jari yang diregistrasikan lebihdari satu jari, bisa kita isikan jari kita semua sebagai cadangan/backup atau bisa kepada orang lain yang diperbolehkan mengakses data tersebut.

        Perangkat Flashdisk Sidik Jari juga memiliki perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengenkripsi file pada komputer atau flaskdisk yang gunakan. Dengan aplikasi tambahan ini pengguna dapat menyimpan file atau folder rahasia yang sudah terenkrip dimana saja tanpa takut dibaca atau digunakan orang lain. Data rahasia tersebut dapat terbaca setelah pengguna memasang perangkat Falashdisk Sidik Jari dan sudah otentifikasi sidik jari.

         Beberapa contoh Fitur Flaskdisk dengan teknologi otentifikasi sidik jari:
  • Login otomatis untuk Windows, penguna cukup menggesek sidik jari untuk mengakses komputer.
  • Enkripsi / Decrypt folder, fitur aplikasi untuk mengenkripsi seluruh folder pada komputer atau falsdisk sidik jari.
  • Kunci screen saver, fitur aplikasi untuk memastikan bahwa hanya pengguna tertentu yang dapat membuka komputer saat meninggalkan meja untuk jangka waktu tertentu.
  • Enkripsi Notepad, digunakan untuk menkripsi notepad untuk memastikan hanya pengguna yang bisa membuka.

       kini kita tahu untuk mengantisipasi masalah yang berhubungan dengan data penting dan pribadi dalam flash drive anda, agar data tersebut aman tidak di ketahui orang lain flash drive ini memberi solusi yang tepat. Flash drive berteknologi biometrik ini inovasi dari media storage dengan menggunakan teknologi bio metrik. Sumber : http://biometrik.blogspot.com/2011/02/flasdisk-sidik-jari-otentifikasi-untuk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar