Senin, 12 Maret 2012

Teknik Animasi dengan Tipe Objek Sprite

pernahkah kita menonton sebuah film kartun? tahukah kalian bagaimana film kartun bisa terlihat lucu dan menggemaskan dalam adegannya? salah satu hal yang membuat film kartun terlihat lucu dan menarik adalah dari object atau karakter yang dibuatnya, pemilihan objek dan pembuatan karakter menjadi pemicu utama mengapa kartun tersebut terlihat sangat menarik, selain objek dan karakter, ada satu faktor lagi yang membuat menarik, ya animasi dalam kartun tersebut..

secara sederhana animasi dapat dikatakan sebagai objek gambar diam yang di beri efek sehingga tampak seolah olah bergerak. dalam pembuatan animasi dalam sebuah film atw game misalnya, tidaklah mudah, karena harus melalui berbagai tahapan proses pembuatan. tentunya jika kita bicaratentang proses pembuatan animasi, pasti lah ada teknik atau cara cara membuat animasi tersebut. 

ada beberapa cara atau teknik dalam pembuatan animasi, salah satu nya adalah teknik animasi tipe object sprite.

Teknik animasi ini menggunakan sprite sebagai pemeran utama sedangkan object lainnya hanya  sebagai background diam. Prosesnya adalah mebuat gambar sprite dengan latar belakang warna hitam, lalu dibuat juga sprite yang sama tetapi berwarna hitam dan latar belakangnya adalah warna tertinggi, kemudian ditempatkan dengan pertama-tama menyimpan background yang akan ditimpa oleh sprite dan ditempatkan sprite dengan Xor dan ditimpa dengan warna tertinggi secara Xor.
Pada animasi ini setiap objek bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam, setiap objek animasi disebut “sprite”. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masing-masing objek sprite. 

Contoh animasi ini adalah animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul. Penggunaan animasi jenis ini sering digunakan dalam Macromedia Director.

Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam. Spriteadalah bagian dari animasi yang bergerak secaramandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yangberotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasidari layar yang mengandung sprite, kita tidak dapatmengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layaruntuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.

sumber :  scribd.com , wikipedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar